Sabtu, 14 Januari 2023

Pengenalan Perangkat Keyboard dan Typing Master

 Cara MenggunakanTyping Master

                      Typing Master Pro 10 di ehousemedan | Tokopedia               Hasil gambar untuk gambar typing master                                 

Typing master adalah teknik mengetik cepat dan akurat dengan menggunakan 10 jari tanpa melihat pada keyboard. Fungsi belajar Typing Master yaitu:
1) Agar kerja dengan komputer lebih cepat dan efektif.
2) Agar otot-otot jari lentur.
3) Agar keyboard tidak mudah rusak.
4) Mengetik cepat dengan 10 jari.                                                                                                                    5) Mengetik tanpa error (salah).                                                                                                                      6) Mengetik tanpa melihat keyboard.                                                                                        7)Meningkatkan kemampuan yang lebih baik dalam berinteraksi dengan komputer.

Dengan begitu, kita dapat menulis dokumen, email, ngoding secara cepat dan akurat atau bahkan tanpa mengalami error sedikitpun. Sehingga kerja kita di komputer menjadi lebih cepat dan efisien.
 
Tips Typing Master yaitu:
1) Posisikan siku menggantung saat sedang mengetik.
2) Tekan tombol dengan tenang, agar keyboard anda tidak mudah rusak.
3) Posisikan badan tegak dan jangan tegang, buat senyaman mungkin saat sedang
    mengetik.
4) Jarak monitor dan mata minimal 30cm.
5) Biasakan menggunakan 10 jari untuk mengetik.
6) Biasakan untuk tidak melihat keyboard, jadi fokuskan mata pada layar monitor.
7) Biasakan jari menekan tombol yang menjadi tugasnya.
8) Sering-sering berlatih mengetik.

Posisi Awal Meletakkan Jari di Keyboard
Penempatan posisi jari yang benar pada keyboard, sangat berperan besar terhadap
interaksi kita dengan komputer. Berikut ini penempatan posisi jari-jari yang benar pada
keyboard.
Berikut ini posisi jari yang benar pada keyboard:
Tangan kiri:
1) Jari telunjuk → F
2) Jari tengah → D
3) Jari manis → S
4) Jari kelingking → A
Tangan kanan:
1) Jari telunjuk → J
2) Jari tengah → K
3) Jari manis → L
4) Jari kelingking → ;
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini untuk penempatan posisi jari
tangan:

                                    Typing Master Typing Tutor tutorial - YouTube

Setelah jari diletakkan pada posisi yang benar pada keyboard, langkah berikutnya
adalah memahami kesesuaian tombol dan jari yang menekannya.
Keyboard secara umum terbagi menjadi 5 baris, yang terdiri dari:
- Baris 1: berisi tombol: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 0 - = backspace
- Baris 2: berisi tombol: tab q w e r t y u i o p [ ] enter
- Baris 3: berisi tombol: capslock a s d f g h j k l ; ‘ enter
- Baris 4 berisi tombol: shift z x c v b n m , . /
- Baris 5 berisi tombol spasi

 

Keyboard

     Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Jenis-jenis keyboard pada komputer Berdasarkan Tata Letak :
1. Qwerty

Keyboard Qwerty adalah jenis yang banyak digunakan dan yang pertama kali dibentuk pada 1878 ini tidak hanya ada di komputer, tapi juga ada pada keyboard di smartphone. Awalnya, keyboard ini memiliki urutan huruf yang berbeda dari Qwerty seperti sekarang. Sang pencipta, Sholes, membongkarnya beberapa kali hingga dapat format Qwerty yang memudahkan pengguna dalam mengetik.
2. Dvorak

Tata letak yang ada pada jenis keyboard Dvorak ini dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan saat melakukan pengetikan. Tata letak keyboard yang pertama kali muncul pada tahun 1932 ini diklaim lebih ergonomis, karena lebih efisien 10 sampai 15 persen dibanding dengan Qwerty.

Bedanya, keyboard ini disusun dengan mekanis agar tangan kanan memegang beban lebih banyak dibandingkan tangan kiri. Sementara, Qwerty membebankan tangan kiri lebih banyak ketimbang tangan kanan.
3. Maltron

Keyboard Maltron berbeda dari jenis jenis keyboard secara fisik pada umumnya. Bentuknya justru dibuat agak cekung ke dalam.

Sang produsen mengklaim bahwa dengan bentuknya yang berbeda tersebut dapat meningkatkan kecepatan mengetik. Selain itu, dapat menjamin kenyamanan jari tangan saat mengetik dan tidak akan menyebabkan Repetitive Stress Injuries (RSI).
4. Klockenberg

Keyboard Klockenberg adalah salah satu jenis yang cukup unik, karena fisiknya terpisah menjadi dua bagian layaknya tangan kiri dan kanan. Kedua bagian terpisah dengan sudut 15 derajat serta dibuat dengan miring ke bawah.

Klockenberg mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman saat dioperasikan. Sayangnya, dua bagian terpisah ini membuat Klockenberg kurang efisien, karena lebih banyak memakan ruang.
5. Alphabetic

Sesuai namanya, keyboard Alphabetic adalah papan ketik komputer, yang mana tuts-nya berurutan seperti huruf alfabet. Ini adalah salah satu dari jenis-jenis keyboard yang memberikan manfaat bagi anak-anak. Meski ramah bagi anak-anak untuk belajar, tapi keyboard ini tidak dapat menyaingi keyboard Qwerty dalam hal efektivitas mengetik.
6. Chord

Keyboard Chord adalah jenis keyboard yang berisikan empat sampai lima tombol. Fungsinya unik sekaligus rumit. Cara kerjanya, yakni saat kamu ingin memasukkan huruf, maka harus menekan tombol huruf tersebut secara bersamaan.

Jenis keyboard ini kurang populer karena cenderung menimbulkan kelelahan pada tangan dan menuntut pengguna untuk mengetahui kombinasi tombolnya.
7. Numeric

Numeric adalah salah satu dari jenis keyboard yang kerap digunakan oleh pekerja yang berkutat pada spreadsheet, akuntansi, atau aplikasi keuangan. Seperti namanya, papan ketik ini hanya terdiri dari angka dan arrow key.


Jenis Keyboard Berdasarkan Konektor:
1. Keyboard Serial

Ini adalah jenis keyboard dengan interface jadul yang banyak digunakan di komputer-komputer lawas. Papan ketik ini menggunakan DIN 5 Male, port yang memiliki lima jarum untuk menghubungkan komputer dengan keyboard.

Jenis konektor keyboard ini sudah jarang ditemukan, karena tidak kompatibel pada port komputer atau laptop saat ini. Hal ini juga disebabkan oleh pemasangan port yang harus hati-hati karena risiko pin dapat terdorong ke belakang atau bengkok jika salah pasang.
2. Keyboard PS/2

Keyboard ini sama halnya dengan seri keyboard serial, tapi penggunaannya dipakai untuk komputer yang berjenis ATX. Jika Serial menggunakan DIN 5 Male, keyboard ini menggunakan plug DIN mini yang berisi 6 jarum.
3. Keyboard USB

Jenis keyboard konektor USB ini sesuai namanya, yakni menggunakan port Universal Serial Bus (USB) untuk menghubungkannya dengan komputer. Jenis ini juga banyak digunakan karena pemasangannya yang mudah dibanding keyboard jenis lain dan konektornya yang menjamin transfer data lebih cepat.

Meski begitu, papan ketik ini memiliki kekurangan, antara lain harganya lebih mahal, serta port mudah goyang dan lepas jika tersenggol. Selain itu, kurang efisien, karena kabel penghubung keyboard tidak terlalu panjang.
4. Keyboard Wireless

Sesuai namanya, papan ketik ini tidak menggunakan kabel untuk menyambungkannya ke komputer. Jenis keyboard ini menjadi salah satu yang favorit karena tidak perlu memakai kabel alias hanya dengan  infrared, Wifi, atau bluetooth, sudah bisa terhubung dengan PC dan layar.

Tombol Fungsi keyboard pada komputer :

  1. Tombol Delete: sesuai dengan namanya, tombol delete fungsinya menghapus satu karakter yang ada dibelakang kursor tapi kamu bisa juga loh menghapus karakter di depan kursor, kamu bisa memencet ctrl + delete
  2. Tombol End: fungsinya adalah untuk memindahkan kursor ke baris akhir tapi kalau kamu mencet nya CTRL + End maka langsung menuju ke bagian akhir lembar kerja
  3. Tombol Esc: fungsinya adalah untuk membatalkan perintah yang sudah dilakukan
  4. Tombol Enter: bisa digunakan untuk memindahkan ke baris selanjutnya atau juga untuk perintah tegas dilaksanakknya sebuah perintah pada computer
  5. Tombol Home: berkebalikan dengan tombol End, maka jika kamu memencet tombol Home, kursor   akan pindah ke sudut kiri atau awal baris. CTRL + Home bisa digunakan untuk langsung menuju ke  bagian awal lembar kerja.
  6. Tombol Page Up: berfungsi menggerakkan baris satu layar ke atas
  7. Tombol Page Down: berfungsi menggerakkan baris satu layar ke bawah
  8. Tombol Tab: dapat memindahkan tabulasi ke arah kanan. Jika kamu pencet terus menerus maka tabulasi     akan terus berpindah ke arah kanan
  9. Tombol Back Space: berfungsi menghapus satu karakter dari belakang huruf, angka atau lain             sebagainya. CTRL + Back Space bisa digunakan untuk menghapus satu karakter dari depan
  10. Tombol Caps Lock: digunakan untuk memunculkan huruf kapital saat mengetik
  11. Tombol F1: Menjalankan fungsi pertolongan yang ada pada Word
  12. Tombol F2: Memindahkan teks atau objek yang dipilih
  13. Tombol F3: Menjalankan AutoText
  14. Tombol F4: Mengulangi perintah sebelumnya
  15. Tombol F5: Menjalankan perintah Find and Replace atau Go to
  16. Tombol F6: Menjalankan Perintah Other Pane
  17. Tombol F7: Memeriksa kesalahan ketik ataupun ejaan teks
  18. Tombol F8: Awal perintah pemilihan teks atau objek
  19. Tombol F9: Mengupdate Field (Mail Merge)
  20. Tombol F10: Mengaktifkan Menu
  21. Tombol F11: Memasukkan Field berikutnya (Mail Merge)
  22. Tombol F12: Mengaktifkan dialog Save As
  23. Windows : Mengktifkan Menu Start
  24. Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
  25. Num Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
  26. Num Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktif
  27. Alt : Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya
  28. SHIFT ketika Anda memasukkan CD-ROM ke dalam CD-ROM (Mencegah CD-ROM secara otomatis bermain/autoplay)
  29. TAB (Move forward melalui pilihan)
  30. ENTER (Lakukan perintah untuk opsi atau tombol aktif)
  31. SPACEBAR (Pilih atau menghapus kotak centang jika pilihan yang aktif adalah check box)
  32. BACKSPACE (Membuka folder satu tingkat ke atas jika folder dipilih dalam Simpan Sebagai atau Buka kotak dialog)
  33. Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts
  34. Windows Logo (Menampilkan atau menyembunyikan menu Start) berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu bar


Cara penggunaan Typing Master

1. Buka aplikasi typing master isi nama kalian seperti di bawah ini.


Pada Kolom "Enter Your Name", Ketiklah Nama Anda, Contoh ; Puti Hanifah Marsla
kemudian Click "Enter"

2. Kemudian Akan Muncul tampilan sbb, kemudian, click "Start Course"

 

3. Setelah itu akan muncul tampilan sbb, pada Kolom Lessons, disitu ada jenis-jenis/tahapan-tahapan Lesson/Course yang akan di coba, silahkan klik salah satu, contoh ; click Lesson No 1. "The Home Row", Setelah itu Click Start Course Untuk Memulai





4. Kemudian akan muncul tampilan sbb,
Pada Lesson 1 Terdapat 7 Tutorial Lesson yang bisa Kita Pilih,
Klik lah salah satu Lesson yang akan anda Coba, Contoh : "1.1 Touch Typing Basic" atau "1.2 News Keys : Home Row", setelah itu, anda hanya tinggal mengikuti tutorial atau instruksi untuk memulai mencoba Lesson/Course tersebut.

 Itulah cara menggunakan Typing Master. Selamat mencoba teman-teman....

1. Buat Slide Baru Buka aplikasi Powerpoint di komputer Ketuk panel kiri lalu pilih New (baru) Pengguna dapat melihat menu utama seperti seperti membuat slide presentasi kosong, memilih template desain, atau mengikuti tur Bagi pemula, anda bisa memiliki ikuti tur untuk melihat demonstrasi power point 2. Cara Menambah Slide di Power Point Pilih menu Home Ketuk New Slide untuk menambahkan slide baru Pengguna bisa mengubah warna atau tata letak dengan mengetuk Layout Baca Juga 5 Cara Menghilangkan Garis di Excel dengan Mudah 3. Tambahkan Teks Letakkan kursor dalam kotak teks slide presentasi Kemudian ketikkan sesuatu misal judul presentasi Untuk mengubah jenis dan besar tulisan ketuk bagian Home Pilih opsi font dan ubah ukuran di bagian samping Pengguna bisa memilih ketebalan, miring, atau garis bawah di ikon Bold, Italic, dan Underline Pengguna bisa memilih menu format untuk mengubah isian teks, warna, dan efek. Biasanya menu format untuk mengubah warna di kerangka teks atau judul di halaman awal 4. Tambahkan Gambar dan Background Pilih tab Insert untuk memasukkan gambar di file komputer Pengguna bisa memilih gambar dari website melalui kontak pencarian untuk penemuan gambar 5. Menampilkan Slide Presentasi Ketuk Slide Show untuk menampilkan slide presentasi Menu Slide Show juga mengatur waktu presentasi Pengguna bisa memilih From Beginning untuk menampilkan slide awal presentasi Ada juga from current slide yaitu menampilkan slide presentasi baru saja diedit Cara paling mudah yaitu menekan ikon slide show yang berada di kanan bawah Akan muncul tampilan penuh slide presentasi dari komputer Untuk mengeluarkan presentasi tekan tombol ESC Baca Juga 4 Cara Copas dari PDF ke Word Paling Mudah 6. Menyimpan Presentasi Power Point Ketuk File lalu pilih menu Save untuk menyimpan dokumen Pilih menu Save As untuk menyimpan slide presentasi di dokumen atau penyimpanan yang berbeda Pilih menu Export untuk mengubah format PPT menjadi dokumen PDF atau XPS

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Pengertian Power Point dan Cara Membuatnya untuk Pemula" , https://katadata.co.id/intan/berita/6331b27243535/pengertian-power-point-dan-cara-membuatnya-untuk-pemula
Penulis: Dwi Latifatul Fajri
Editor: Intan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips!! Membuat Surat Tugas di Microsoft Word

 Cara Membuat Surat Tugas di Word        Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang ideal digunakan untuk pembuatan surat. Jika sura...