VLOOKUP dan HLOOKUP pada Ms Excel
VLOOKUP dan HLOOKUP adalah fungsi Excel yang dapat dikategorikan sebagai Lookup dan Reference. Rumus VLOOKUP adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam kolom atau sumber data lain menggunakan kata kunci vertikal tertentu. HLOOKUP, di sisi lain, digunakan untuk mencari nilai di kolom horizontal atau sumber data lainnya.
Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP :
Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya :
=VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num).
Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya :
=HLOOKUP(lookup_value,tabel_array, row_index_num).
Contoh Pengaplikasian VLOOKUP dan HLOOKUP
Melihat contoh soal di atas, yang harus anda isikan adalah Posisi, Agen, Berangkat dari, Tujuan, Bongkar, Muat, Biaya bongkar dan muat, dan Total Biaya.
Mencari Posisi
Yang perlu kamu ketahui lLookup_value, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun tegak atau vertikal yang berfungsi sebagai tabel bantu yang akan dibaca. Col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri.
Mencari Agen
Mencari Berangkat dari
Mencari Tujuan Kapal
Mencari barang yang akan di bongkar
Untuk mencari barang yang di bongkar gunakan fungsi VLOOKUP di sel H4. Setelah
mengisi formula di sel H4, copy formula atau drag hingga sel H13. Seperti
gambar di bawah ini:
Mencari barang yang akan di muat
Untuk mencari barang yang di muatgunakan fungsi VLOOKUP di sel I4. Setelah
mengisi formula di sel I4, copy formula atau drag hingga sel I13. Seperti
gambar di bawah ini:
Mencari Biaya Bongkar dan Muat
Untuk mencari biaya bongkar dan muat gunakan fungsi VLOOKUP di sel J4. Setelah
mengisi formula di sel J4, copy formula atau drag hingga sel J13. Seperti
gambar di bawah ini:
Mencari Total Biaya Bongkar dan Muat
Gunakan fungsi VLOOKUP di sel J14 dan tulis rumus SUM(J4:J13). Seperti gambar di bawah ini:
Mencari Total Biaya Terbesar
Untuk mencari agen gunakan fungsi VLOOKUP di sel J15 dan tulis rimus MAX(J4:J13). Seperti gambar di bawah ini:
Mencari Total Biaya Terkecil
Untuk mencari agen gunakan fungsi VLOOKUP di sel J16 dan tulis rumus MIN(J4:J13). Seperti gambar di bawah ini:
Mencari Total Biaya Rata-rata
Gunakan fungsi VLOOKUP di sel J17 dan tulis rumus AVERAGE(J4:J13). Seperti gambar di bawah ini:
Hasil akhir semua pengerjaan di atas, bisa di lihat seperti gambar di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar